Bekerja dari jarak jauh atau mengurangi aktivitas pertemuan fisik, sebenarnya bukan hanya terjadi pada saat pandemi. Dalam beberapa tahun terakhir, banyak orang memilih untuk menjalani pekerjaan jarak jauh karena ada hal yang lebih menarik untuk diperoleh, yaitu: kebebasan.

Ini sudah menjadi tren dalam kurun beberapa tahun belakangan. Sudah mulai banyak orang yang berusaha menjalankan usahanya, tanpa harus melakukan pertemuan atau kegiatan fisik dengan kelompok kerjanya atau dengan pekerjanya.

Di dunia digital, sudah menjadi hal yang lumrah. Mayoritas mereka yang bekerja di dunia digital, lebih banyak menggunakan waktunya untuk melakukan pekerjaannya secara bebas. Tidak terikat pada prosedur pekerjaan, atau pada hal-hal yang bersifat formal dalam korporasi.

Situasi ini sangat memungkinkan dilakukan oleh mereka yang bekerja di bidang digital. Teknologi telah membuat jarak dan waktu menjadi faktor yang tidak menentukan.

Sehingga, banyak kita lihat mereka yang bekerja di dunia digital, dalam melakukan pekerjaanya tidak terikat pada aturan formal atau terikat pada ketentuan kepegawaian yang biasa diterapkan di perusahaan biasa.

Beberapa pengusaha dan para kreator di dunia digital yang terkenal, telah menunjukkan bahwa teknologi bukan saja membebaskan mereka dari aturan formal perusahaan. Lebih dari itu, teknologi telah membawa mereka ke dalam proses yang lebih efektif dalam mengekspresikan dan mengeksplorasi kemampuannya.

Melalui sistem kerja remote, para pekerja di dunia digital lebih bisa fokus pada upaya untuk belajar dan berkreasi. Selain itu, juga mereka lebih memiliki ruang dan waktu yang lebih longgar untuk tetap bisa menjalankan aktivitasnya sebagai anggota keluarga, anggota masyarakat, atau eksistensi mereka sebagai kreator.

Tentu, pencapaian yang telah diperoleh tidak dilakukan dalam jangka waktu yang pendek. Butuh proses dan perjuangan.

Nah, inilah yang penting bagi mereka yang akan memasuki dunia kerja yang menjadikan kerja remote sebagai pilihan dalam melaksanakan aktivitas dan usahanya.

Cara yang paling efektif dilakukan adalah dengan mengerjakan hal-hal yang paling sederhana. Apakah itu?

Pertama, yang paling penting adalah pengetahuan dan informasi yang paling mendasar tentang teknologi informasi. Tidak semua orang yang terjun di kerja remote memulai pekerjaannya dengan pengetahuan atau informasi yang cukup.

Namun, dengan mulai mempelajari dan mendalami berbagai informasi tentang teknologi informasi, menjadikan awal yang bagus untuk memulai kerja remote.

Pada proses ini yang paling penting adalah mendalami substansi dari teknologi informasi itu, yaitu kegunaan dan efek positifnya. Langkah ini sangat penting karena dunia digital memberikan akses pada semua orang untuk bisa membentuk diri atau kepribadian yang berbeda. Potensi terjadinya manipulasi atau jebakan di dunia digital, adalah suatu hal yang niscaya.

Karenanya, mendapatkan informasi yang benar dan kredibel dalam teknologi informasi menjadi penting.

Kedua, menggunakan teknologi informasi untuk kemanfaatan. Dalam hal ini, banyak sekali perangkat atau konten yang ada dalam dunia IT yang memungkinkan orang bisa mempelajari atau menguasai sesuatu tanpa harus dipandu oleh instruktur atau guru.

Karena itu, menjadi penting bagi mereka yang mengeksplorasi dunia digital untuk selalu mencari kemanfaatan terhadap aplikasi atau informasi yang ada di dunia digital. Langkah ini penting untuk membantu mendapatkan pengetahuan dan informasi yang benar ketika mulai menggunakan perangkat teknologi informasi.(*)

Share:

Leave a Comment

X
×