Ada 2 tipe pekerja untuk mereka yang merasa senang dengan adanya kebijakan work from home (WFH) atau bekerja dari rumah yang dikeluarkan oleh perusahaan tempat mereka bekerja. Yang pertama adalah yang merasa senang hanya untuk beberapa saat, dan kemudian menemukan kejenuhan dan merasa sangat bosan dan untuk yang kedua adalah yang merasa berdampak baik pada kehidupan work balancenya. Jika anda termasuk pada tipe pekerja yang merasa bahwa anda menemukan format kerja yang ideal untuk anda, sepertinya anda harus mencoba peluang untuk lebih lanjut mencoba pekerjaan remote job. Tidak harus meninggalkan pekerjaan utama anda yang saat ini masih dijalani tentunya. Banyak pekerjaan remote yang hanya membutuhkan 2 – 3 jam saja di luar jam kantor (09:00 – 17:00) tentunya, ada yang hanya untuk mengisi waktu luang anda di hari-hari libur, tentunya akan lebih menguntungkan bagi pemasukan anda.

Saat ini mencari pekerjaan remote job bukan lagi merupakan hal yang sulit untuk dicari. Seiring berkembangnya dunia kerja, banyak perusahaan yang mulai mempersilakan karyawannya untuk bekerja secara remote. Tak jarang, mereka juga mulai mencari pegawai baru yang bisa bekerja secara remote. Untuk negara-negara barat, mereka sudah lebih memulainya jauh lebih dahulu, remote job sudah dilakukan secara formal pada tahun 2005 dan semakin populer di tahun 2009, dan untuk Indonesia remote job ini mungkin diprediksi akan mulai populer di tahun 2021. Mengingat banyak dampak baik yang ditimbulkan dari WFH. Sayangnya di Indonesia belum didukung oleh regulasi yang baik untuk mengatur kegiatan bekerja dari rumah ini. Banyak yang berharap regulasi sistem remote job ini segera dirancang oleh badan legislatif di Indonesia.

Membuka lowongan pekerjaan untuk pekerja remote memang tidak dilakukan secara asal-asalan.Banyak perusahaan yang menawarkan ini karena memberikan mereka banyak keuntungan. Dua diantaranya pengeluaran yang makin sedikit dan kemudahan untuk menjangkau talenta.agar dapat diterima oleh perusahaan- perusahaan.

Sekarang langsung saja kita bahas apa saja yang harus dipersiapkan untuk menjadi pekerja remote yang baik, agar proses wawancara lebih PD:

  • Memiliki Perangkat Kerja yang mendukung kerja remote

Hal paling utama jika anda ingin menjadi pekerja remote biasanya perusahaan memberikan syarat kepemilikan hardware dengan spek minimal, semakin spek hardware anda diatas spek yang mereka berikan. Maka semakin besar peluang anda untuk diterima oleh perusahaan. Hardware yang dimaksud adalah seperti PC, kelengkapan perangkat PC seperti printer, scanner, video camera, UPS dll. Ada juga kelengkapan hardware itu adalah kepemilikan Handphone (HP), karena ada beberapa pekerjaan yang memang cukup untuk dikerjakan dari HP.

  • Memiliki wilayah rumah/tempat tinggal yang terjangkau sedikitnya 2 provider penyedia layanan internet

Untuk menjadi pekerja remote yang baik juga harus memiliki 2 provider layanan internet. Contohnya: untuk PC kamu memakai Indihome dan untuk provider yang ke 2 kamu bisa menyebutkan provider HP anda. Jadi jika koneksi utama bermasalah, anda masih bisa melakukan tethering sinyal melalui HP anda sebagai cadangan.

  • Memiliki kemampuan membaca yang baik

Hal baik jika anda adalah orang yang memiliki hobi membaca buku, salah satu yang dicari oleh perusahaan-perusahaan dalam mencari pekerja remote adalah para penghobi buku. Kemampuan membacanya sangat dibutuhkan. Karena diatas 50% kegiatan bekerja sebagai pekerja remote adalah membaca; membaca aturan, membaca laporan email, membaca update-update terbaru, membaca notifikasi, sampai membaca hal-hal yang tidak penting menurut anda. Untuk anda yang mudah bosan dalam membaca akan kesulitan berkompetisi dalam sesi tes membaca yang diajukan oleh perusahaan.

  • Memiliki sifat teliti dan disiplin terhadap waktu

Sifat teliti menjadi poin lebih dari kemampuan membaca, dengan teliti membaca, anda akan diprediksi mampu menjalani pekerjaan remote tanpa sering melakukan kesalahan mayor maupun minor. Yang kedua sifat disiplin terhadap waktu, tentunya bukan kaum rebahan yang diinginkan perusahaan untuk mempekerjakan seseorang. Disiplin dibutuhkan karena tidak ada pimpinan yang secara langsung mengawasi anda, jadi standar perusahaan terhadap disiplin adalah mengharapkan pekerjaan dikerjakan dan diselesaikan tepat waktu oleh pekerja remotenya

  • Memiliki indikasi sebagai orang yang kerasan (betah) berada di rumah

Ada kalanya, ketika wawancara, ketika pewawancara bertanya hobi anda. Anda menyebutkan bahwa hobi anda adalah traveling. Hobi ini menjadi kurang cocok untuk sebagian besar pekerjaan remote. Walau pekerjaan remote bisa dikerjakan dari mana saja, tapi kendala bepergian itu jauh lebih besar. Hilang sinyal koneksi internet, hilang perangkat kerja, semoga saja bukan anda yang hilang XD. untuk meminimalisir hal tersebut maka ada baiknya anda menyebutkan hobi-hobi anda yang tidak jauh dari rumah seperti, memasak, miara binatang piaraan, nonton film, main game, olahraga atletik seperti bola, basket, fitnes, lari, dll tidak termasuk menggosip. Dan tunjukan bahwa anda sangat menyukai segala kegiatan di rumah atau tempat tinggal anda.

  • Memiliki portfolio yang menarik

Sebenarnya poin yang ini, dimanapun anda melamar harus memiliki portfolio yang menarik. Tapi ada satu catatan yang harus di ingat untuk anda yang ingin mencari

pekerjaan remote portofolio yang menarik adalah portfolio yang memiliki konsistensi pekerjaan. Itu akan menjadi nilai lebih untuk mendapatkan pekerjaan remote tersebut

Nah, bagaimana? Apakah anda semakin mantap mencari remote job atau pekerjaan jarak jauh? Jika tertarik memiliki remote job yang memiliki jenjang penghasilan yang jelas. coba aja sign up di AppOn. Siapa tahu anda memang berbakat menjadi pekerja remote dan menemukan pekerjaan impian anda.

Share:

Leave a Comment

X
×